Ciri-Ciri Kanker Prostat

Kanker prostat adalah pertumbuhan sel-sel secara tidak terkendali dalam kelenjar prostat. Prostat adalah kelenjar kecil di panggul pria yang merupakan bagian dari sistem reproduksi. Prostat berada di bawah kandung kemih di depan rektum. Kelenjar prostat mengelilingi uretra, yaitu saluran yang membawa urine dari kandung kemih ke penis.

Prostat membantu menghasilkan cairan yang menyuburkan dan melindungi sperma. Ketika terjadi ejakulasi, prostat mengeluarkan cairan ini menuju uretra. Cairan yang dikeluarkan akan mengalir bersama dengan sperma sebagai air mani. Ada kanker prostat yang bersifat agresif dan mampu menyebar dengan cepat. Tapi pada umumnya, kanker prostat tumbuh secara perlahan dan tidak menyebar.

 Beberapa ciri-ciri kanker prostat adalah sebagai berikut :

>> Intensitas buang air kecil meningkat
Salah satu ciri kanker prostat yang pertama dan paling umum adalah sering buang air kecil. Gangguan lain seperti masalah urinasi biasanya ikut menyusul. Hal ini dikarenakan ketika prostat di hinggapi sel kanker, maka kondisinya akan mengalami peradangan membesar. Memebesarnya ukuran prostat tersebut akhirnya menekan kadung kemih sehingga memicu hasrat untuk buang air kecil terus-menerus.

>> Urin susah keluar
Hal ini dikarenakan bengkaknya prostat menghalangi aliran urin ke uretra yang posisinya berada di tengah prostat.

>> Aliran urin kecil dan tersendat
Banyak penderita mendapati aliran urin yang mereka keluarkan kecil saja atau tersendat-sendat. Dan sama seperti poin sebelumnya, gejala kanker prostat yang satu ini juga bisa menjadi pertanda bahwa seseorang sedang mengalami BPH.

>> Timbul rasa sakit atau terbakar saat kencing
Kalau aktivitas buang air kecil Anda disertai dengan rasa sakit atau seperti terbakar, maka segera hubungi dokter. Namun bila kondisi ini timbul tanpa diikuti oleh 3 gejala sebelumnya, bisa jadi Anda mengidap prostatitis yaitu meradangnya prostat akibat infeksi atau penyebab lain (selain kanker).Gejala prostatitis lainnya biasanya seperti melunaknya perineum (area di antara testikel dan rektum), sakit pada otot, sendi, serta punggung bawah, sakit saat ejakulasi, hingga adanya darah dalam urin. Walau tergolong umum, namun tentunya gangguan ini jelas tidak bisa dibiarkan dan harus segera mendapatkan penanganan medis.

>> Timbul rasa sakit ketika ejakulasi
Sama halnya buang air kecil karena ejakuasi mengguanakan saluran yang sama maka penderita akan merasakan kesakitan yang sama, maka penderita akan merasakan kesakitan saat hampir klimaks.

>> Adanya darah pada urin atau sperma
Yakni kapanpun Anda melihat adanya darah kecuali pada pembuluh darah, maka hal ini berarti ada sesuatu yang salah dalam tubuh Anda. Selain sebagai salah satu dari ciri-ciri kanker prostat, darah yang ditemukan pada urin atau sperma juga dapat menjadi pertanda adanya gangguan berupa BPH atau STD.

>> Munculnya rasa sakit pada punggung bawah atau punggul
Karena rasa sakit pada punggung tergolong umum, maka pengabaian gejala tersebut membuat angka kematian akibat kanker prostat cukup tinggi. Jika Anda mengalami rasa sakit pada area punggung bawah atau pinggul yang tak kunjung sembuh, maka segera temui dokter.

>> Mati rasa atau melemahnya tangan dan kaki
Hal ini dikarenakan membesarnya prostat karena kanker juga menekan sumsum tulang belakang yang terhubung dengan otak sebagai pusat sistem saraf.

>> Tidak bisa mengontrol saluran kencing atau usus besar
Hilangnya kemampuan tubuh untuk mengendalikan saluran kencing serta usus besar. Otak menjadi terhambat dalam mengontrol area tersebut sehingga penderita tak bisa mengontrol keinginannya untuk buang air kecil maupun besar. Dan bila dibiarkan tentunya hal ini akan membuat malu si penderita. Oleh sebab itu jangan segan konsultasikan dengan dokter.

Artikel Terkait Ciri-Ciri Kanker Prostat :

Powered by Blogger.