Gejala : Uveitis Harus Segera di Tangani

Gejala : Uveitis Harus Segera di Tangani




Uveitis adalah peradangan yang terjadi pada uvea. Uvea terdiri dari tiga struktur, yaitu iris (cicin berwarna yang melingkari pupil berwatna hitam), badan siliar (cincin dari otot lurik yang lembut yang ada di mata) dan Koroid (lapisan mata bagian dalam yang membentang dari ujung otot siliar optikus kebagian belakag mata). Kasus peradangan uvea yang paling umum terjadi adalah pada iris dan badan siliar. Kondisi peradangan yang dinamakan anterior uveitis ini umumnya menyebabkan nyeri yang terasa secara tiba-tiba disertai kemerahan pada mata. Sedangkan gangguan penglihatan banyak terjadi pada kasus posterior uveitis atau peradangan pada bagian belakang mata, koroid dan retina. Gangguan penglihatan juga banyak terjadi pada kasus intermediate uveitis atau peradangan di belakang badan siliar dan di badan vitreus.

Seseorang yang terkena peyakit ini harus mendapatkan penanganan segera agar dapat mencegah kerusakan menetap.

Gejala-gejala Uveitis

Uveitis dapat terjadi secara bertahap atau tiba-tiba. Berikut beberapa gejala yang akan dialami baik secara tiba-tiba maupun bertahap.

Mata merah.
Sakit kepala.
Kemampuan daya penglihatan menurun.
Fotofobis atau sensitif terhadap cahaya.
Pupil tidak beraksi terhadap cahaya yang masuk kemata.
Muncul atau berkembang bintik di depan mata.

Penyebab Uveitis

Semua jenis radang mata memiliki satu atau lebih penyebab. Namun, dalam beberapa kasus, dokter tidak dapat mengetahui penyebab radang mata. Hapir 50% kasus uveitis tidak diketahui penyebabnya.

Hal-hal yang dapat membuat mata mengalami uveitis.

  1. Infeksi, seperti akibat harpes,  cytomegalovirus, TBC, silifis, HIV dan infeksi parasit toksoplasmosis.
  2. Efek samping operasi mata.
  3. Cedera atau trauma mata.
  4. Limfoma adalah kanker yang muncul dalam sistem limfatik yang menghubungkan kelenjar limfe atau kelenjar getah bening di seluruh tubuh. Sistem limfatik termasuk bagian penting dalam sistem kekebalan tubuh manusia
  5. Gangguan autoimun sistem kekebalan tubuh yang menyerang jaringan tubuh itu sendiri.







Artikel Terkait Gejala : Uveitis Harus Segera di Tangani :

Powered by Blogger.